HANYA DENGAN JANGKRIK,,KITA BISA MENGETAHUI BERAPA TEMPERATUR DI SEKITAR KITA…

 

Kalian semua pasti sudah tau jangkrik kan? ya binatang yang satu ini ternyata bisa kita dijadikan termometer untuk mengukur suhu sekitar kita lho,,pertama akan saya jelaskan dulu,,jangkrik merupakan satwa berdarah dingin,,dan semua satwa berdarah dingin menjalankan fungsi tubuh mereka lebih cepat pada temperatur lebih tinggi,,gak percaya? Bandingin aj seberapa cepat semut berlari antara cuaca dingin dah cuaca panas..nah lain semut lain jangkrik,,derik jangkrik dirancang oleh hukum alam untuk menyesuaikan diri secara langsung dengan temperatur.untuk memahami pesan mereka,,kita tinggal memakai rumus untuk menterjemahkannya..

Cara terbaik mengukur temperatur ala jangkrik adalah mendengarkan sejenis jangkrik pohon asal Amerika Utara,,tapi klo ga ada jangan sedih,jangan nangis dan jangan yang aneh2,,sebab jangkrik manapun umumnya berderik dengan irama yang kurang lebih sama.

Berikut ini cara mengukur temperaturnya,,hanya dengan mendengarkan derik jangkrik itu sendiri,,hitung derik jangkrik itu selama lima belas detik,,kemudian tambahkan dengan empat puluh,,kita akan memperoleh temperatur dalam derajat fahrenheit. Tapi itu kan dalam fahrenheit,,gmn klo celcius? Saya yakin pasti yang baca dah pada lupa ma rumus kya gtuan,,haha”..tapi gak usah pake rumus deh,,kita cukup menghitung derik jangkrik selama delapan detik,kemudian menambahkannya dengan lima,,dapet dah tu temperatur dalam celcius..(mantab kan!!!)

Oya,,tapi perlu diingat,,jangkrik hanya menyiarkan laporan temperaturnya hanya untuk tempat dimana ia sedang berderik. Jadi kecuali kita sedang berada di kebun atau pekarangan rumah,,temperatur sekitar kita mungkin berbeda dengan temperatur yang dikasih tau jangrik..ok!!

About wantemashariadi

saya adalah seorang yang selalu berpikir simple namun mempunyai visi ke depan, dan apa adanya titik

Posted on 18 September 2012, in Beberoq. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: